El Gato! El Gato!

bagudung

Lokasi perumahan tempat ku tinggal bisa disebut ‘mewah’. Artinya ‘mepet-sawah’.

Di belakang rumah berbatasan dengan pagar langsung terpapar hamparan sawah. Kalau sedang musim tanam padi, maka hamparam tersebut bagaikan ladang ‘gambo’ (lumpur). Kita bisa menyaksikan para pekerja sawah bermain-lumpur.

Kalau musim panen, hamparan tadi berubah menjadi kuning. Para pekerja sawah sibuk memasang tali yang diganduli dengan berbagai aksesories mulai dari umbul-umbul hingga kaleng-kaleng bekas susu yang diisi dengan batu, yang apabila ditarik akan mengelurkan bunyi.

Ternyata itu adalah kiat mereka untuk mengusir ‘silopak’ yang datang menyerbu untuk turut menikmati hasil panen sang petani. Pada siang hari, belakang rumah akan riuh dengan bunyi-bunyian dan hardikan petani untuk mengusir burung-burung itu.

Selain para silopak, ada juga mahluk lain yang turut berpartisipasi.

Itulah para bagudung!.

Para bagudung (tikus sawah) ini beraktifitas bukan hanya siang hari. Setiap saat mereka berkeliaran di sawah sambil menggerogoti batang-batang padi. Selain itu, konsekuensinya juga turut serta ber-invasi ke lokasi rumah. Adalah hal yang jamak saat kita berkeliling di sekitar kompleks, kita bertemu dengan bagudung-bagudung tersebut.

Para bagudung, selain membuat suasana rumah terdegradasi, juga bikin kesal karena mereka suka mengobrak-abrik tong sampah. Sampah-sampah yang sudah kita susun didalam tong, akan mereka aduk-aduk hingga bertebaran kemana-mana. Selain itu, mereka suka masuk ke dalam rumah dan bermukim di atas plafon rumah. Kalo sudah begini, maka pada malam hari mereka akan berpestapora berkeliaran kesana kemari yang akan menimbulkan suara-suara ribut di tengah malam saat kita ingin beristirahat.

Betul-betul Bagudung!

huting.baoa akan menguber dan mengusir para bagudung sambil berteriak lantang : El Gato! El Gato!


  1. tanobatak

    Tapi huting borua juga rajin menangkap bagudung, apalagi lagi mau beranak. Huting borua paling rajin menangkap bagudung saat anak-anaknya mulai bisa makan daging. Tapi selamat berkarya hutung baoa…. Semoga mendapat tangkapan yang lebih besar… Horas




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: